Thinkwave.com a Free Gradebook.

Suatu hari saya di tegur oleh headschool karena saya mengumumkan nilai siswa melalui email. Masalahnya adalah siswa-siswa bisa melihat nilai satu sama lain. Setelah saya pikir-pikir, mengumumkan nilai dengan cara seperti ini memang bisa melukai perasaan siswa.Oleh karena itulah akhirnya saya cari-cari cara bagaimana saya bisa memberikan hasil nilai siswa dengan cara yang lebih “private”.Nah akhirnya saya temukan thinkwave.com.Yang lebih penting lagi ini gratis.Keren kan?

Sebenarnya salah satu platform kalas online dari google juga saya pakai.Namun platform google clasroom tidak menyediakan sistem gradebook yang lengkap.Oya gradebook itu maksudnya adalah seperti buku leger gitu loh, yang ada daftar nama dan nilai siswa.Thinkwave.com menyediakan fasilitas gradebook yang lebih lengkap dari google, cara pakainya mudah dan selama ini sih belum pernah error.

Baiklah tanpa banyak ber-ceramah begini cara nya. Yang dibutuhkan hanya alamat email guru dan email murid-murid. Setelah itu  silahkan buat akun guru nya dan log-in menggunakan username tersebut.

2015-12-12 (1)

Setelah itu silahkan diutak-atik.Ada tahap bikin nama kelas,isi datar nama-nama siswa, buat daftar nilai, dan undang siswa untuk buat akun juga.Sistem undangannya dikirim lewat email.Setelah siswa buat akun mereka masing-masing, maka siswa bisa log-in sebagai siswa dan langsung tersambung dengan hasil nilai-nilai nya.Siswa hanya bisa lihat nilainya sendiri.Sistem thinkwave.com juga bisa integrasikan akun orang tua siswa sehingga orang tua juga bisa ikut akses nilai anaknya.

Berikut contoh halaman pribadi siswa yang menunjukkan daftar nilainya.

2015-12-12

Baiklah silahkan dicoba.


Tinggalkan Balasan

