IB International Baccalaureate MYP: Kenalan Pertama

Dulu pas kuliah saya mulai sok-sokan bercita-cita untuk bisa mengajar di sekolah yang memakai kurikulum luar negeri. Alasannya waktu itu cuma karena kedengarannya keren aja. hehe. Sayangnya memang ketika kuliah tidak ada mata kuliah kusus tentang hal-hal semacam ini. Saya sih maklum karena memang guru disiapkan untuk mengajar dengan kurikulum nasional. LPTK itu menyiapkan guru untuk sekolah di Indonesia yang mayoritas ya pastilah menggunakan kurikulum nasional.Sebab itulah sulit sekali mencari informasi yang cukup ketika itu.Nah sekarang saya berniat untuk berbagi sedikit tentang salah satu kurikulum internasional yang banyak digunakan sekolah-sekolah di Jakarta dan sekitarnya, IB. Nantinya mudah-mudahan saya bisa berbagi secara rutin supaya jika ada yang berminat ingin menjajal bergabung dengan sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum internasional bisa dapat pengetahuan lebih.

Oke begini saat ini saya mengajar di sekolah yang menerapkan IB untuk tingkat SD dan SMP nya. Saya mengajar di jenjang SMP dan SMA nya. Sekolah semacam ini disebut SPK kependekan dari sekolah penyelenggara kerja sama (Jadi sekarang namanya bukan lagi sekolah international atau nasional plus lagi ya). IB di tingkat setara SMP disini disebut MYP (Middle Year Program). Jika dikutip dari website resmi IB MYP adalah:

The Middle Years programme
The IB Middle Years Programme (MYP) is designed for students aged 11 to 16.

This period, encompassing early puberty and mid-adolescence, is a particularly critical phase of personal and intellectual development and requires a programme that helps students participate actively and responsibly in a changing and increasingly interrelated world. Learning how to learn and how to evaluate information critically is as important as learning facts.

Curriculum documents are published in English, French, Spanish and Chinese but schools may offer the programme in other languages. The Middle Years Programme (MYP) is one of three programmes offered by the IB.

The curriculum contains eight subject groups together with a core made up of five areas of interaction. More information about the Middle Years Programme can be found on the IB public website.

Nah dari difenisi itu sebenarnya MYP ini agak gak simetris dengan kurikulum kita. MYP itu ada lima tahun. Jadi kalau di setarakan dengan kurikulum nasional: MYP kelas satu (MYP Year 1) itu setara dengan kelas 6 SD, MYP kelas dua setara dengan kelas satu SMP, seterusnya sapai MYP kelas 5 itu sama dengan kelas satu SMA. Nah kan dari sini saja sudah seru.

Lanjut, ini MYP sepemahaman saya yang baru empat bulan “jalan bareng” dengannya, perbedaanya lumayan ekstrim dengan kurikulum nasional. Ini saya bukan mau membaguskan atau menjelekkan salah satunya ya. MYP sepertinya adalah bukan “content based curriculum”. Jadi bunyi SK, KD nya di MYP tidak spesifik menunjukkan ke suatu materi tertentu dalam sebuah mata pelajaran. Bahkan setau saya tidak ada dokumen uraian materi di silabusnya. Nah loh. Misalnya kalau silabus kurikulum nasional mungkin ditemukan, oh untuk kelas tujuh mata pelajaran IPA harus terdiri dari Bab 1: Perubahan Kimia, Bab 2: Sifat Fisika dan Sifat Kimia dan seterusnya. Hal semacam ini setahu saya tidak ditentukan secara detil oleh IB MYP.

Nah saya seh menduga dari kata-kata ini:

……programme that helps students participate actively and responsibly in a changing and increasingly interrelated world. Learning how to learn and how to evaluate information critically is as important as learning facts.

maka IB MYP itu mungkin apa yang disebut sebagai character based curriculum, di IB SK KD nya disebut descriptor. Contoh salah satu bunyi nya (untuk MYP kelas 3) adalah:

Student is able to apply scientific knowledge and understanding to solve problems set in familiar and unfamiliar situations.

Sekolah lewat koordinator mata pelajaran kemudian menyusun konten kurikulum sesuai kebutuhan masing-masing sekolah. Karena itulah bisa saja konten kurikulum nya sedikit banyak diambil dari standar konten kurikulum nasional. Namun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran semuanya sesuai frame yang di buat MYP. Dengan cara ini bagi siswa yang tetap ingin ambil ujian nasional masih relevan.

IB MYP itu kurikulumnya menurut saya sangat besar. Mungkin segini dulu untuk artikel ini. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengetahuan saya tentang IB MYP, saya akan berbagi lagi.Termasuk penjelasan lambang IB MYP yang diatas itu ( Bunder-bunder warna warni). Jika teman-teman mau cari info ada beberapa situs berikut silahkan di klik:

Situs resmi IB: Ada info secara umum IB itu apa dan bagaimana

Blog Komunitas IB: Ada info-info tentang cerita-cerita alumni, hasil-hasil research tentang IB dan lain-lain.

Situs guru-guru MYP: Ada info contoh penilaian di MYP dan lain-lain (meskipun jarang di update kayaknya yang ini)

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel pendidikan selanjutnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s