Uni eropa : Dulu saling bersahabat sejati, sekarang??

Ini kabar yang paling menarik bagi gw akhir-akhir ini. Tahu kenapa karena dimata gw, kasus eropa ini sangat humanis dan sebenarnya itu sangat dekat, atau bahkan kita pernah mengalaminya dalam versi yang sedikit berbeda. Kita mungkin pernah menjalani yang disebut persahabatan yang teramat akrab dalam sebuah kelompok, mungkin dikelas. Kita melakukan berupa-rupa kegilaan bersama, saling peduli, saling berbagi kehangatan dalam sebiah kelompok kegilaan ( tahap ini gw sebut sebagai tahap manis, indah). Pernah kan mengalami itu? sampai akhirnya, entah gimana, terjadi perpecahan dengan berbagai versi alasan dari masing masing kita.

Menurut yang dimuat di kompas cetak hari ini (selasa 04 oktober 2011 ) , negara negara eropa yang memutuskan untuk membentuk uni eropa seperti ingin membentuk united state amerika-nya eropa. Awalnya Uni eropa mencerminkan sebuah kelompok yang kelas atas, dengan ekonomi kuat. Mereka bahkan menyatukan mata uang mereka menjadi euro. Kekuata ekonomi mereka tecermin salah satunya dari kuatnya mata uang euro. Negara negara dikawasan eropa bersegegera bergabung menjadi anggota uni eropa. Sampai sekarang ada 17 negara anggota uni eropa. Samapi pada tahap ini uni eorpa adalah sketsa dari sebuah kelompok persahabatan yang satu hati, akrab, hangat, saling menyayangi bahagia (halah lebay). Inilah tahap manis indah.

Siapa yang menyangkan ( ada seh sebenarnya yang menyangka) bahwa sekarang kemelut besar menggoyang uni eropa. Adalah yunani yang terlilit utang hingga 189% dari pendapatanya (http://www.antaranews.com/berita/276341/imf-perkirakan-utang-yunani-capai-189-persen-dari-pdb). Sebagai perbandingan saja, saat ini utang negara kita sekitar 20% dari PDB dan batas wajar yang ditetapkan IMF adalah 60%.Adalah jerman yang “makan hati” terhadapa yunani. Menurut kompas cetak hari ini pula, Menyatukan eropa itu ya seperti menyatukan manusia dengan berbagai kepribadian. Jerman yang gemar menabung tapi yunani gemar berutang. Jerman bahkan menjadi negara yang menolak meningkatkan bantuan dana ke yunani untuk bayar utang (http://www.tempo.co/hg/perbankan_keuangan/2011/09/18/brk,20110918-356882,id.html). Jerman dan yunani memanas.

Beberpa negara lain seperti, itali, portugal spanyol juga terancam krisis yang sama, utang. MAsih dari kompas hari ini, dinyatakan pula bahwa ini memang menjadi resiko atas keputusan untuk menjadi uni eropa. Ada yang nama kesemuan ekonomi. Indikator ekonomi seolah baik baik saja, misalnya nilai tukar euro yang baik. Sehingga negara negara seperti yunani merasa aman untuk berutang. Padahal bagusnya indikator ekonomi tadi sesungguhnya bukan dari negaranya melainkan dari kinerja negara lain, misal jerman. Karena mata uangnya sama jadi seolah semuanya baik baik saja.

Ya begitulah kira kira, sekarang ketidakstabilan terjadi dieropa. banyak pemerintah yang menerapkan kebijakan pengencangan ikat pinggang (hemat), gaji PNS dipotong, PNS di rumahkan, pengangguran meningkat, demonstrasi, terjadi keteganga antara negera eropa. Sekali lagi , waktu. Tak  ada yang abadi didunia ini kawan. jangan mencintai terlau, jangan membenci terlalu. just like you, i and everyone else, uni eropa retak. Eropa memanas, uni eropa dulu sahabat sejati, sekarang????


One thought on “Uni eropa : Dulu saling bersahabat sejati, sekarang??

  1. maybe peran media jg turut andil terhadap masalah uni eropa. pemberitaan yg terlalu simpang siur bisa membuat semakin memanas. tdk begitu paham inti masalah tp mencoba men-judge atau menyimpulkan. padahal kita tdk tau kan, siapatau slh satu dr mereka sudah coba berdamai tp tdk berhasil? who knows🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s