apa yang sebenarnya guru mau dari muridnya???

banyak mahasiswa yang sedikit minder kalo di suruh PPL di sekolah yang berlabel bagus. contohnya saya sendiri, saya juga mikir mikir lagi kalo disuruh PPL di labschool atau 68. ada rasa tidak PD, begitulah kira-kira.

dari sini, sepertinya dapat dikatakan bahwa guru sendiri agak tidak mengharapkan punya murid yang trelampau cerdas. ada perasaan takut tidak bisa melayani daya kognisi siwa, pertanyaan-pertanyaan mereka. meskipun tidak bisa digeneralisasikan tapi bisa dikatakan adanya kecenderungan guru tak mau siswanya terlampau pinter.

sebaliknya guru jugak tidak mau muridnya terlampau bego. Guru mana yang ingin hanya ada lima muridnya yang todak remedial saat ulangan,ulangan ahrian pertama pula.

guru jugak gak pingin muridnya ribut. siapa yang tidak mersa menderita kalo muridnya ribut sendiri saat si guru menjelaskan. tapi guru juga gak mau muridnya cuma diem. saya contohnya, waktu mengajar pertama kali di X4 saat PPL, kelasnya diem tak merespon. rekan PPL dari sejarah juga mengeluhkan hal yang sama menegani X4 pada saya. tuh kan guru juga gak mau kalo muridnya diem.

aktif bertanya?? ah itu merepotkan. susah dibedakan muridnya cuma cari muka dengan murid yang serius ingin tahu.

maka jika kenyataanya demikian, sepertinya guru ingin muridnya itu tidak terlalu pinter, tapi teidak terlalu bodoh, tidak terlalu ribut tapi juga gak diem. guru sepertinya mau muridnya RATA-RATA alias SEDANG-SEDANG SAJA. jika demikian maka generasi bangsa kita akan menjadi generasi yang biasa saja, yang gak pinter dan gak bodoh.

atau ini hanya impian guru PPL, guru yang mentalnya masih ketar ketir kalo diegrtak siswa.


22 thoughts on “apa yang sebenarnya guru mau dari muridnya???

  1. hahah guru macam apa yg kaya gini.mank iy sih intinya nayri duit tpi jgn ketaun bgt nyari duitnya napa haha malu2in

    blog gw biasa ja kaliiii jd plis deh jgn lebay hahaha klo lo g ngerti lo masuk tutorial blog gw ja.yg d blog gw dah gw buat artikelny hahah

  2. kami dari tim kuasa hukum dalam kasus Ipad, kami ingin bertanya kepada bung bahwa kami membaca tulisan bung di suara keadilan: “bahwa Ipad masuk ke Indonesia secara tidak resmi(Black Market)” bahwa kami merasa tersinggung atas stamen bung buat. bahwa klien kami membeli dengan secara resmi di Singapura, dan di saat itu klien kami akan pulang ke Jakarta. dari Singapura telah di cek dan juga di Jakarta pun di cek, bisa di katakan bahwa klien kami membaawa Ipad itu secara resmi dari Ipad tersebut yang berada di negara Singapura. kami harap tulisan bung tentang Ipad ilegal di rubah.

    salam kami

    selaku tim kuasa hukum Dian dan Randy

  3. Kesimpulanya, guru itu spesies yang sulit dipahami, hobi ngajakin harakiri, tampang kaya security, meski hati hello kitty, dan suka nonton cinta fitri (makin ngaco) :p

  4. wah, kalau pengalaman saya waktu PPl, murid2 yang cerdas justru memaksa kita sbg guru bekerja lebih keras.
    kalau saya sendiri, sih. yang penting bagaimana teknik materi diberikan. kalau bisa belajar sambil bermain, sebab kalaupun guru lebih pintar tapi teknik jelek, tetap saja murid2 g tahan sama dia.🙂

  5. Menurut saya guru kalau sudah menguasai kelas pasti bisa mengendalikan muridnya, dalam arti guru bisa menjelaskan dengan detail dan murid mendengarkan dengan seksama. Pernah saya mengajar privat eh malah si anak baca komik. Bingung juga kan…..

Tinggalkan Balasan

