Pasemon sujiwo tejo

akhir ahkir ini gw kok berfikir mulai menaruh minat pada sujiwo tejo.  kayaknya gw mulai nge fans ama dalang satu ini. dalang yang pernah kuliah dalam dua jurusan (matematika dan tekhnik sipil) di ITB ini pemikiranya selalu nyeleneh tapi ngena bgt. setidaknya itulah yang terlihat dari beberapa yang gw tahu, misalnya di JLC. pernah suatu kali dia memotong pembicaraan seorang karena orang ini menyebutkan kalimat

  • “kalo para politikus bangsa ini sudah gak bsia di beritahu lagi  kelaut aja… lah”

dalam percakapan kita biasanya kata kelaut aja digunakan sebagai umpatan bagi sesuatu yang jelek. sujiwo tejo beranggapan bahwa ejekan ini tidak relevan dengan negara maritim seperti Indonesia. tidak seharusanya negara laut seperti kita menempatkanlaut sebagai tempat umpatan

  • “kita negara maritim ganti umpatan kelaut  saja dengan ke DPR aja . rasanya ini lebih cocok”

itu kata sujiwo tejo. coba deh sekali kali nonton JLC, ikuti arah pembicaraan dan giliran sujiwo tejo ngomong pasti dia punya sudut pandang sendiri yang sangat nyentrik.

yang belum lama ,juga merupakan pendapat sujiwo tejo yang nyentrik adalah tentang Pasemon. ini dimuat dimuat di kompas online –http://nasional.kompas.com/read/2011/07/29/03563226/.Pasemon.Anas-SBY_ . pasemon itu adalah pujian yang dikemukakan seseorang yang kalo direnungkan leboh lanjut, pujian ini adalah sebuah tamparan bagi orang itu sendiri.agak mirip majas ironi sehh.

tidak tanggung tanggung, sujiwo tejo mengulas tentang pasemon antara pak SBY dan anas urbaningrum.

anas berkata :

  • ” Berbagai tudingan yang kini mengarah kepada dirinya, menurut Anas, tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan tuduhan dan fitnah yang dialami SBY.”

arti secara pasemonya adalah :

  • ” apabila engkau mendongkelku, maka aku pun sudah siap mendongkelmu. Ingat, tuduhan dan fitnah kepadamu justru lebih besar

ngerikan???

ya itu memang cuma pendapat sujiwo tejo. kebenaranya mungkin belum tentu juga.ya pasemon itu silsilah dari jawa. gak tahu jugak orang jawa kenapa mustim pake pasemon segala. mungkin sekarang elo elo semua harus berhati hati dalam menafsirkan pujian dari orang jawa. hahaha

misalnya pas cowok atau cewek anda keliatanya merayu anda, ah jangan jangan itu cuma pasemon saja. hahahha (


One thought on “Pasemon sujiwo tejo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s