heboh utang amerika

gw kan udah pernah bilang kalo gw tuh suka bgt sama nonton berita. nonton berita tuh keliatanya jadi kayak orang pinter gitu. nah ini dia isu yang heboh sekarang, yakni tentang utang amerika :

yang terjadi diamerika itu kayak orang punya utang banyak banget nah udah mau jatuh tempo tapi gak punya duit untuk bayar utangnya. nah loh!!

amerika punya utang sekitar AS$ 14,3 triliun (inget ini satuanya dolar US 1 dolar sekarang= Rp 8500 an sekitar Rp 120 ribu triliun ). utang ini harusnya jatuh tempo  hari ini selasa 2 agustus. karena amerika gak punya duit buat bayar utang ini, maka jalan yang bisa di tempuh adalah minjem duit lagi untuk membayar( gali lobang tutup lobang gitu deh).

yang heboh kemaren itu, untuk memutuskan amerika mau nambah utang apa gak itu butuh kesepakatan di DPR nya US. masalahnya DPR nya gak sepakat sepakat nih. kabarnya partai Republik (yah bisa dibilang oposisi). Partai republik ngotot gak mau nambah utang. Secara polotitis ini bisa di pahami. karena kalo pemerintah gagal bayar maka image obama bakal turun. well itulah politik.

amerika bisa punya utang sebanyak itu karena (beberapa sumber menyebutkan) negera ini banyak perlu uang untuk merangsang pertumbuhan ekonominya.

  • Membengkaknya beban utang pemerintah AS menunjukkan defisit anggaran negara yang juga melambung tinggi. Defisit raksasa itu menurut para pengamat disebabkan oleh kebijakan pemerintah Obama dalam dua tahun ini yang berusaha mengatasi krisis ekonomi dengan menyuntikkan dana ke lembaga-lembaga finansial. Salah satu kebijakan yang dijalankan tak lama setelah Obama masuk ke Gedung Putih adalah paket stimulus yang jumlahnya ratusan miliar dolar. Padahal, bulan September 2008 beban utang pemerintah AS sudah melebihi angka 10 triliun dolar.( http://m.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/10/11/11/146039-ssttt-utang-amerika-kian-menggunung)

namun disini perlu gw teragkan kita tidaj bisa melihat ominal utang begitu saja. ada yang namanya rasio utang terhadap PDB (perbandingan utang dengan pendapatan negara). ya kalo pendapatan negara itu besar, ya gakm papalah utang banyak. karena dari itulah ukuran ” kuat bayar” terlihat. nah ratio utang pdb amerika (tahun 2010) adalah 89 %. ini berarti sebelum nambah hutang sampai Rp120 ribu triliun, ratio utang PDB US sudah tinggi. apalagi sekarang ( sekarang gw gak punya datanya).

ada lagi parameter yang perlu di ketahui, yakni

nah sebelum ini, amerika punya akreditasi AAA ( artinya aman,mampu bayar utang). menurut berita yang beredar peringkat ini bisa turun jadi AA+ bahkan AA ( terancam gak mampu bayar). nah loh. kalo udah dapet peringkat ini maka investor akan takut menanam modal ke AS.

kepada siapa amreika utang?

mulanya bisa saja dari lembaga keuangan dunia, misal IMF dll. namun surat utang ini dapat dijual dan negara lain bisa membelinya. alhasil sekarang Cina lah yang paling banyak punya piutang ke AS yakni sekitar US$ 1 triliun. wow. negara lain juga ada, seperti jepang, arab ingris dll.

demikianlah kisah amerika, tempat spiderman, mariah carry, justin biber tinggal. suruh selebnya iuran ajah buat bayar utangggggg… ( gimana ide gw pak obama)

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/08/02/12023850/Hatta.soal.Pagu.Utang.AS

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/08/02/07515682/DPR.AS.Setujui.Penghematan.

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1747722/bagaimana-amerika-mempengaruhi-kita

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5891172

http://bataviase.co.id/node/439381

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2010/01/14/review-utang-indonesia-dibanding-utang-negara-lain/


2 thoughts on “heboh utang amerika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s