PPG oh PPG (bingung)

Beerapa waktu lalu saya sempet berbincang dengan ketua prodi pendidikan kimia UNJ. gak panjang dan gak lebar tapi cukup membuat kepala nyut nyutan. Percakapan ini kemudian mencuatkan pertanyaan menganai a;

apa saya bisa jadi guru?

kapan jadi gurunya?

berapa tahun lagi ?

apa beneran guru bakal jadi profesi saya?

kenapa saya gak punya pacar ( eh bukan ding. yang ini gak ada kaitanya).

Baiklah kawan-kawanku yang sekarang sedang menjalani pendidikan di prodi keguruan sebaiknya tahu masalah sat ini, PPG. Mungkin diantara kita pernah denger masalah ini? tapi gak terlalu tahu  makhluk apa sebetulnya PPG itu. PPG adalah sigkatan dari pendidikan profesi guru. ini adalah program yang diniatkan pemerintah kita untuk meningkatkan kualitas kita sebagai guru. teknisnya ini adalah pengganti sertifikasi guru yang selama ini ada. jadi sertifikasi guru bukan dilakukan dengan portofolio guru melainkan dengan KULIAH LAGI.

Sampai tahun 2014 nanti PPG itu hanya tujukan untuk guru yang sudah menagajar (dalam jabatan). Sementara setelah tahun 2014 maka PPG juga diperuntukan pada lulusan S1. PPG itu di lakukan oleh LPTK (UNJ, UPI, UNY dll). Namun demikian menurut bu mukti (ketua prodi pend. Kimia UNJ)

  • LPTK itu hanya pelaksana. Mengani berapa kuota mahasiswa yang kami terima itu tergantung pemda. Jadi kalo kamu mau ikut PPG itu berarti kamu harus diajukan oleh Pemda”

Untuk bisa diajukan oleh pemda saya juga kurang tahu tapi ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa minimal kita harus mengajar dulu minimal tiga sampai lima tahun. selain itu, yang berhak masuk PPG itu bukan hanya SPd saja loh. Para SSi juga bisa. Bedanya nanti di proses Kuliah, materi mahasiswa SPd mendalami ilmu yang ia empu (misal kimia), sedangkan mahasiswa SSi akan dapat materi pedagogik. Masa study SSi juga lebih lama dari SPd .SSi menyelesaikan PPG sekitar dua tahun sedang kan SPd hanya setahun.

Yang kita dapat dari PPG adalah NRPP (nomor registrasi profesi pendidik) . Mengenai guna nomor ini? yah tentu saja ini membuat anda dapat tunjangan sertifikasi.Sebenarnya masih banyak kebingungan tentang PPG. yah semoga sedikit info ini berguna. Atau setidaknya memacu kita untk mecari info lebih banyak lagi mengenai PPG.Melihat prosedur PPG yang sepertnya susah mana harus bersaing dengan para SSi (bukanya saya jiper ama SSi ,hahahha) tapi ini jelas semakin membuat sulit laju para calon SPd untuk menjadi guru. atau mungkin kita berfikir ulang tentang cita cita kita. yah kalo jadi saya sih peluang jadi artis masih terbuka lebar.gimana dengan teman -teman?


7 thoughts on “PPG oh PPG (bingung)

  1. klo kita takut saingan sama S.Si., berarti kuliah kita dan materi pedagogik kimia kita selama ini patut dipertanyakan??

    buat apa kau kuliah??

    hanya sekedar menambahkan gelar atau merengkuh ilmu sebanyak-banyaknya terus kau ajarkan kepada dunia??

  2. bukan takut sama Ssi, bukan sama sekali. gw cuma menggambarkan betapa panjang rute kalo mau jadi guru. kalo mau bahas Ssi vs SPd gw rasa itu hal lain.terkait PPG justru ini bukti bahwa pemerintah meragukan LPTK nya. hahahhha.

  3. pede jadi artis…emang gampang ….hehehe…..kl modal tampang n skill kek si Kang Sule ato Kang Thukul…gue percaya….kl modal tampang keren?….hmmm ntar dulu de…..nyang ngantri duluan keknya dah sekarung….yg tampang kece awal2 laris sekarang dah redup karir artisnya jg dah sekarung….mending jadi guru aja deh…yg jelas gk di masukin karung…..ha ha1000x!! piss!!!! just kidding….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s