ora melok nggawe melok momong!

Meski disangkal sekuat apapun tetap saja darahku jawa,ngomongnya medok, dan tentu saja dengan segala selera jawanya.Dan kali ini nampaknya selera campusari gw meningkat.Lagu-lagu jawa campursari itu liriknya sangat nyentrik,berisi perdebatan masalah sehari-hari,antara suami istri,antar anak dan ibu dan lain lain.Bahasa yang digunakan itu bahasa jawa jenis kasar dan yah sedikit lets say kadang fulgar.
Misal

  • angge orong-orong ” angge angge orong orong ora melok nggawe melok momong yang artinya kuarng leboh angge angge orong orong tidak ikut membuat (maksdunya membuat anaknya) tapi ikut merawat (anaknya).dalam lagu ini ceritanya ada seorang bujang yang menikahi seorang janda anaknya lima,yah sebagai resikonya sibujang ini setelah menikahi wanita tersebut juga harus ikut mengurus anaknya (gak iktu membuat tapi ikut ngurusin anaknya).hahahahaha.unutk selengkapnya ini lah kupas lirik lagu angge orong-orong

Netes banyune moto-menetes air mata
Aku nangis ketiban ondo-aku menagis kejatuhan tangga
Rondo tak kiro perawan-janda ku kira perawan
Mbarang tak kawin anake sak kandang-setelaha ku nikahin anaknya sekandang(banyak)

Pancen aku wis rondo-memang aku sudah janda
Rondo tuo anakku limo-janda tua anaknya lima
Nanging aku sih biso– tapi aku masih bisa
Diwolak walik koyo nggoreng telodibolak balik kaya goreng simgkong (menurut terjemahan temen gw yang lumayan experts masalah beginian,arti kalimat masih bisa dibolak balik kayak goreng singkong itu maksudnya si janda masih memberi layanan prima dalam hal hubungan intim.maksudnya dibolak balik itu ya kurang lebih masih bisa di perlakukan dengan berbagai gaya.hahhaha ya begitulah makanya tadi gw sebut liriknya sedikit fulgar.tapi sayangnya manusia suka yang fulgar fulgar.)

Sapi manak larang regane-sapi beranak mahal harganya
Anak limo bedo bapak e-anak lima beda bapaknya

Angge-angge orong-orong
Ora melok nggawe melok momong-gak ikut buat ikut mengasuh

dst.


Tinggalkan Balasan

