semua ujian adalah uji coba

ujian Pictures, Images and Photos

Agak kaget juga sih pas pertama denger konsep yang satu ini.Setengah ngeri malah, tapi akirnya malah jadi bingung.Semua kita pasti pernah mengerjakan soal ujian .Entah itu ujian sekolh,UTS,UAS atau sekedar quis iseng dari dosen.Biasanya kita juga agak ngeri kalo besok ada ujian.Tapi secara jujur saya katakan saya lebih ngeri lagi akan hal satu ini.

Ujian sebenarnya adalah alat ukur untuk mengukur keberhasilan belajar seseorng siswa.Layaknya alat ukur ,Ujian juga harus memilki akurasi dan presisi.Misalkan saja sebuah penggaris yang merupakan alat ukur panjang.Penggaris yang baik haruslah dapat mengukur panjang bukan mnegukur berat.dan penggaris yang baik harus pula mempunyai skala yang selalu tetap sehingga dapat menunjukan hasil pengukuran yang sama untuk tiap pengukuran pada benda yang sama.

Begitu juga dengan ujian.Masalahnya ujian itu objek ukurnya adalah manusia.Sehingga akan lebih rumit untuk melakukan kalibrasi terhadap ujian.Kata dosen saya ujian sebagai alat ukur tetaplah harus dikalibrasi akan kesahihan alat ini.seberapa ia dapat mengukur apa yang dia ukur dan bagaimana ia konsisten memberi kekonsistenan hasil pengkuran.

Ada berapa prosedur yang tersedia untuk mengukur valid (akurasi) serta reliabilitas ( presisi) dari soal.Prosedur ini melibatkan rumus statistik yang menbutuhkan data misal seberapa banyak soal itu dijawab siswa dengan benar,berapa siswa yang menjawab salah dll.ini berarti, jika kita ingin menge-tes apakah alat tes yang kita buat sudah baik maka kita harus melakukan uji coba.Uji coba ini ya ujian juga.

“setiap soal harus di ujia coba sebelum di ujikan”

Jadi kapan sebuah soal bener-bener di ujikan bukan sekedar di uji cobakan?
tidak seperti penggaris,penggaris yang sama bisa dipakai ulang setelah di kalibrasi untuk mengukur berbagai benda,soal yang yg telah di kalibrasi tentu saja tidak mungkin diujika lagi.masak siswa mengerjakan soal yang hari kemaren pernah keluar?
jika ingin buat soal baru berarti soal ini tak bisa di pakai kecuali di kalibrasi dulu (diuji coba).wal hasil pembuatan soal akan terjebak dalam putaran uji coba.

Jadi semua soal ujian itu adalah uji coba

Bayangkan kalo kita dulu pusing mengerjakan UTS di SMA dan ternyata kawan itu semua adalah uji coba?

kata dosen saya kebuntuan ini dapat diatasi dengan membuat soal yang lebih banyak.Jadi soal soal yang ternayta tidak valid bisa dianulir.Tapi masalah selanjutanya adalah,bagaimana kalo ada siswa yang ternyata menjawab bena semua sola tak vlid itu?????


5 thoughts on “semua ujian adalah uji coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s